In Memoriam Olga Syahputra: Someone Who’s Have The Same Birthday Date with Me, and...



 
*mungkin openingnya agak OOT, tapi ini sebagai selingan saja yang bakal mengarahkan ke pokok persoalan*
Hari ini tanggal 28 Maret 2015. Hari ini, ulang tahun salah satu news anchor favorit gue, mbak Marissa Anita. HBD mbak Marissa. Wish u are the best. Tetap inspire, smart, creative, and beautiful. Aamiin.
 
*Happy Birthday mbak Marissa!*
Mbak Marissa, salah satu anchor favoritku di Indonesia Morning Show yang tayang di NET., tahun ini ultah ke-32. Berarti, si cantik multitalenta asal Surabaya ini lahir tahun 1983. Berarti sama dengan anchor favoritku lain, tante Utrich Farzah, mas Ryan Wiedaryanto dan mbak Dian Mirza. Dan, berarti sama dengan sosok selebriti serbabisa yang kini telah meninggalkan kita semua dan akan gue bahas kali ini. Sebuah artikel duka. :’(
32 tahun lalu, sosok pelawak dan presenter multitalenta nan inspiring Yoga Syahputra atau yang biasa disapa Olga Syahputra lahir. Persis di tanggal yang sama dengan gue. 8 Februari. Beda tahun aja. Sama juga kayak salah satu pemain Sketsa yang dulu tayang di Trans TV tuuh, namenye Gita Sucia. Makanye, pernah waktu Olga ngerayain ultah di Online (itu, acara talkshownye si Olga sama Jeng Kellin a.k.a. Nycta Gina yang pernah tayang di Trans TV) gede-gedean, gue seneng banget waktu itu. Waktu itu jaman kelas 1 SMP. Bisa nonton ultah serunye si Olga sambil ngerayain ultah diri sendiri, hehe. Pernah juga, waktu Olga ngerayain ultah di Dahsyat RCTI, dirayain sama Olgalovers dan sobat-sobatnye *dan Olga waktu itu nyanyik lagu Empat Matanye D’ Bagindaz!*, gue cuma bisa ngakak-ngikik sambil ngebayangin kalo kejadian dimana Olga waktu itu belepotan kue ultah gara-gara ulah sobat-sobatnye (Raffi dekaka!) itu bakal kejadian sama gue. Walau, baru bener-bener terjadi tahun ini dan hampir mirip: ketika gue lagi nonton iClub48 di NET., gue disuruh keluar sama bokap karena ada masalah sama kontak HP-nye, dan ternyata cuma modus gara-gara gue dilumuri tepung sama adek-adek sepupu gue sambil diucapin ultah sama kakak sepupu. Alamaakk... 
Back to the topic. Yoga, atau yang biasa dikenal orang Olga, mengawali karir dari nol. Dari bukan siapa-siapa, kemudian mengawali karir di dunia entertainment, ikut syuting sono-sini, ikut main lenong, ikutan sanggar, dan perlahan kesuksesan pun diraih Olga. Jadi pengisi acara tetap berbagai acara di tipi-tipi kayak dahSyat, Pesbukers, Online yang kayak gue sebutin tadi, Ceriwis, SKS, WKS, sampe YKS (dua nama sebelum YKS itu nama acara sahur pendahulunye YKS, yang satu Saatnya Kita Sahur, yang satunye Waktunya Kita Sahur, nahh kalo YKS tau sendiri kan?). Bahkan, doi juga punya banyak acara sendiri, kayak Catatan si Olga (tuhh acara yang nampilin Olga berbagi sama orang-orang kurang mampu dan dulu tayang di ANTV di jam yang sekarang dikuasain sama Navya-nye Shaheer Sheikh, tuh acara favorit sekeluarga jaman dulu, inspire banget), Korslet (tuh, acara berita parodi ala doi sama Raffi Ahmad di Transtipi, yang ini beneran kagak pernah nonton gegara dulu Trans TV rusak, paling cuma iseng nonton yang plesetan Mata Najwa di YouTube) atau Target Operasi (yang kalo ga salah ada Jessica Iskandar sama Tarra Budiman itu di RCTI, yang ini jarang nonton).
 
Sukses pun direngkuh Olga. Terlahir dari keluarga yang hidup pas-pasan, Olga yang pada awal karirnya tinggal mengontrak pun bertransformasi menjadi seorang selebriti sukses yang bergelimang harta dengan rumah mewah dan segala fasilitas yang ada dan bisa bikin keluarganya happy. Gue pun merasa takjub. Segala perjuangan dari nol untuk merubah nasib, dengan kesabaran dan ketabahan seperti yang ditunjukkan Olga menghadapi para pencacinya, pasti akan berakhir dengan kesuksesan. Pengen banget begono. :’(
Bang Olga...
Olga itu terkenal gokil. Lucu. Koplak. Walaupun lawakan dan gayanye sering memantik kontroversi dari berbagai pihak termasuk KPI, dan mungkin gue juga merasa kurang sreg (beda dengan beberapa tahun lalu waktu masih jaman SD-SMP), namun satu hal yang bisa gue liat dari Olga selama doi nongol di tipi itu adalah keceriaannye. Yahh, penggemar lagunye bunda Rita Sugiarto (mantan artis yang pernah diasistenin sama Olga) yang judulnye Pacar Dunia Akhirat (one of my favorite songs tuh! Sempet dibahas di blog, tapi video klip yang gue cantumin disitu udah di-private sama tukang aplotnye. Gue tau Olga hobi lagu ini dari Pesbukers beberapa tahun lalu, bunda Rita sempet jadi bintang tamu disono) ini selalu ceria, happy, pantang ngeluh. Dengan senyum mengembangnye. Tanpa beban. Intinye satu: bahagia. Oiyeh, mungkin gue juga masih inget dan terkenang dengan lagu lucunye Olga yang judulnye Hancur Hatiku, lagu yang bisa bikin gue jaman masih bocah esde dan lagi seneng-senengnye sama Upin & Ipin dan Choky Sitohang ituu. Ituhh, yang liriknye sangat simpel, “Hancur hancur hancur hatiku...” Nih MV-nye:
Hancur hatiku...
Oiye, gue juga tadi bilang dulu ada acara Catatan si Olga di ANTV kan? Yang ceritanye si Olga berbagi sama kaum dhuafa itu, kan? Nahh, lewat acara itu dan berbagai bukti lain yang gue liat di media massa, hal ini berhasil membuktikan sama gue kalo Olga bukan sosok ‘kacang lupa kulit’. Doi kagak lupa darimana dia berasal. Dari keluarga dengan kondisi ekonomi pas-pasan. Kini jadi sosok hartawan. Dan, sebagian hartanya pun dibagiin ke orang-orang yang membutuhkan. Dan, gue dapet satu hal baik lain yang bisa gue petik dari Olga. Jangan lupain orang miskin, mentang-mentang dah kaya. Apalagi buat orang yang kondisi ekonominye sebelas duabelas *kayak acaranye si Pandji aje di Kompastipi!* sama Olga. Noh, patut dicontoh ntuh! Hal ini yang jadi bahan obrolan gue sama sobat gue jaman masih alay, Nabilla pas bulan puasa 2014 kemaren. Walau lawakan Olga kontroversial, tapi punya jiwa sosial tinggi. Salut dah!
Salah satu episodenye!
Gue pertama kali ngeliat Olga itu dari acara RCTI. But not Dahsyat. Nama acaranye Idol Banget. Isinye tentang diary para peserta Indonesia Idol gitu deh, selama proses karantina tuh acara. Hostnye waktu itu bang Indra Bekti dan tante Indy Barends, dan Olga jadi co-host. Sumpedeh, Olga ceria banget waktu itu! Saat itu kalo gak salah masih 2007, masih tinggal sama paman dan almarhumah nenek. Waktu itu Olga belom tenar kayak sekarang, istilahnye sih ‘baru mau tenar gitu’. Makin sini Olga makin eksis aje. Liat aje tipi-tipi kayak RCTI, Trans TV, atau ANTV, rajin bingo nayangin Olga di acara-acara unggulannye. Palagi dua stasiun tipi yang gue jelasin di awal. Pokoknye, berapa kali Olga nongol kayak berapa kali kita biasanye makan, tiga kali, bahkan lebih bingo! Alamak Olga...
Tapi, titik balik kehidupan Olga nongol beberapa bulan jelang tahun 2013 kelar. Olga mulai jarang nongol di berbagai acara tipi. Di infotainment, walau jarang mantengin, tapi gue bisa tauk kalo Olga ini mulai absen karena satu hal yang kini membuat ia harus pergi: sakit. Berawal dari satu benjolan di leher yang mulai banyak. Ada apa?
Santet karena ada yang ga suka lawakannye. Itu dugaan awal gue. Palagi, beberapa saat sebelumnye sempet ada masalah sama dokter gitu. Tapi ya udah, kagak usah su’udzon. Siapa tau ada penyebab nyang lebih logis. Sakit penyakit langka gitu. Sempet dirawat di RS Pondok Indah, sampe akhirnye pake acara dirujuk ke RS Mount Elizabeth di Singapura segala! Separah inikah?
Ya! Gue baru nyadar kalo Olga kena kanker kelenjar getah bening! Parah bingo! Sampe pernah koma segala. Belom juga meningitis a.k.a. radang selaput otak. Dan, dua kali pula ultah Olga dirayain di Singapura, di RS. Tahun kemaren dan tahun ini. Sungguh beda bingo ultah Olga yang gue juga ngerasain saat itu *karenasamasamaultahditanggalyangsama*. Walau gue istilahnye gimane ye, udah kagak terlalu laah sama Olga, tapi tetep aje, sebagai sesama orang nyang lahiran di tanggal yang sama, dan karena biar gimanapun doi dah banyak pengaruhnye di dunia entertainment, tetep kurang sreg kalo ultah gue dan Olga sama-sama kagak meriah!
Terakhir, berita soal Olga nongol gegara Olga nge-retweet penggemarnye ye? Tapi kok diraguin kebenerannye? Bingung pala barbie!
Sampai ketika...
Malem kemaren, 27 Maret 2015, gue lagi mamam malem sama makaroni yang gue beli di warung depan rumah dan telor dadar. Sambil nonton acara kesayangan sekeluarga, tuuh D’ Academy 2 di Indosiar! Lagi pada hepi-hepi mantengin perform di konser 20 besar nyang saat itu diisi sama Ady, tuh nyang dari Bima ituu! Tapi, tiba-tiba dua host tuh kontes dangdut, Ramzi dan Irfan Hakim, ngumumin sesuatu nyang bikin kaget bin berduka dan kehilangan. What’s happen?
Mereka baru dapet kabar duka. Soal kehilangan sahabat dekat di dunia hiburan. Who’s him?
Gue dan satu keluarga terhenyak. Mau tahu?
Satu...
Dua...
Tiga...
OLGA SYAHPUTRA MENINGGAL.
Hah? Really?
Ya! Olga meninggalkan dunia fana ini, pukul 16.17 waktu Singapura. Atau pukul 17.17 WIB. Tepat di rumah sakit tempat almarhum Olga selama ini dirawat. RS Mount Elizabeth Singapura. Kanker kelenjar getah beninglah nyang merenggut nyawanye.
Kaget. Beneran atau kagak niih? Mengingat, banyak berita hoax soal wafatnye almarhum. Gue kagak percaya. Tapi, satu hal nyang bisa gue yakin itu, waktu Ramzi ngemimpin para penonton buat ngebaca Al-Fatihah ke Olga. Plus, rasa kehilangan seluruh pengisi acara, kagak peduli host, juri, komentator, bahkan penongton juga pade nangis. Di rumah, kita-kita sekeluarga cuma bisa diem. Air mata mulai berlinangan di Studio 5. Palagi buat bunda Rita yang menjadi salah satu orang yang ada pas jaman Olga berjuang-juangnye buat jadi sesukses kini. Belom pula si Ivan Gunawan nyang pengalaman syuting bareng almarhum jaman baheula, susah seneng ditanggung berjamaah. Palagi ma’e Soimah. Jelas bingo kalo Soimah deket bingo sama almarhum Olga, palagi di Transtipi! Tiap hari ketemuan! Palagi jaman YKS kemaren, waktu almarhum baru aje mau sakit. Ya Allah, keinget waktu nyang di pidio ini:

Ya Allah, sosok yang penuh canda tawa dan inspirasi itu telah pergi...
Gue nyoba ngecek tipi lain. Nongollah Trending Topic-nye om Ralph Tampubolon di Metro TV. Sayangnye, beritanye dah mau kelar disampain om Ralph. Telat dah. Gue cek Transtipi, salah satu tipinye Olga. Disitu kebetulan lagi nayangin Best YKS (kan senen sampe jum’at), tapi kagak ada Olganye (adanye Raffi, Tarra, Chand Kelvin, sama Billy adeknye Olga). Tapi, tetep aja bernuansa duka, gegara di bawah station ID-nye Trans TV ada tulisan IN MEMORIAM OLGA SYAHPUTRA. Persis kayak TV One jaman almarhum Ustadz Jefri Al-Buchori sama Taufik Kiemas meninggal dulu. Yaudah. Gue balik ke D’ Academy, dimana rasa duka udah ilang. Promosi wisata Bima deh jadinye, masih ada Ady.
Beberapa waktu kemudian, balik ke Transtipi lagi. Ada Reportase Terbarunye kak Kelly Charenina. Berita wafatnye almarhum Olga. Info soal meninggalnye Olga, terus tayangan pas almarhum dapet Lifetime Achievement pas awards ultahnye !nsert Trans TV beberapa bulan kemaren (diumumin temennye sendiri!), sampe poto terbaru yang ada kaitannye sama wafatnye almarhum
 
*potonye yang sempet nongol di Reportase Terbaru, pemirsa*
Kata kak Kelly di tuh acara, kanker kelenjar getah bening adalah kanker yang kagak diketahui penyebabnye sampe kini. Tapi ada juga media nyang bilang kalo Olga meninggal gegara meningitis. Radang selaput otak. Gegara virus. Mengerikan ngebayangin nasibnye almarhum Olga yang berjuang ngelawan rasa sakit dan akhirnya...
Yahh, lalu nonton D’ Academy lagi, dan pas iklan gue switch channelnye ke MNC TV. Lagi KDI 2015. Lagi-lagi berita duka Olga. Seluruh pengisi acara, sama kayak D’ Academy, pada berduka. Bahkan, Joel Kriwil dan Zaskia Gotik pun nyanyik Kehilangannye bang Haji Rhoma Irama.
Disitu gue akhirnya menitikkan air mata. Nangis, sedih, kehilangan.
Seluruh channel tipi gue cari berita soal Olga. Di TV One pas Apa Kabar Indonesia Malam, sempet nongol running text kalo jenazah Olga bakal diterbangin ke Indonesia besok. Di Topik Breaking News ANTV, waktu itu news anchor dadakannye Lolita Agustine yang abis syuting kuis interaktif Jodha Akbar atau Navya gitu, wawancara Luna Maya dan Uya Kuya, duo sohibnye yang kayanye baru abis syuting Superdeal. Uya ngejelasin soal kerja kerasnye Olga, sedangkan Luna Maya ngejelasin soal tanda-tanda penyakit menyerang almarhum, berawal dari tuh benjolan, sampe rencana kunjungan ke RS yang sampe sekarang belom terlaksana gegara belom nentuin ide. Uya sempet bilang, kalo Olga adalah orang yang baik dan respect sama yang di sekitar, sehingga dia punya banyak amal baik. Luna pun berharap semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT. Aamiin mbak Luna...
Di Metro TV, acara Top News, anchornye kak Krizia Alexa, bahkan sampe dijelasin hashtag #RIPOlgaSyahputra dah trending topic ngalahin topik kemunduran Zayn Malik dari One Direction. Pengumuman meninggalnye sendiri dikasih tau manajer dan sodara kandungnye, Mak Vera. Hanya, menurut wartawati tuh tipi kak Kartika Octaviana nyang lagi di Singapura demi ngeliput Lee Kuan Yew #dukajuga, info hal-hal soal meninggalnye Olga ditutupi rumah sakit atas permintaan keluarga. Katanye, besok dimakamin di TPU Pondok Kelapa, ya? Di TV One, Kabar Malam juga ada bincang-bincang sama Opie Kumis yang ga bisa mulu ngejenguk almarhum Olga jaman dirawat di RS Pondok Indah dan ga punya duit buat ngejenguk di Singapura sono. Ya Allah...
Di Trans 7. Selebrita Breaking News. Tumben ada om Andrie Djarot, salah satu anchor favoritku jadi host Selebrita dadakan *professional tauk!*. Ia masih ngebahas soal Olga. Wawancara sama om Deddy Corbuzier yang pernah ngundang almarhum di Hitam Putih. Juga dengan salah satu sobatnye, yaitu Benny. Ya Allah. Ngeliat wawancaranye om Andrie jadi makin sedih.
So sad.
Dan, NET. jadi tipi pertama nyang nayangin berita kematian bang Olga Syahputra. Entertainment News Breaking News. Kak Vannico Soekarno jadi host E-News dadakan, ngewawancarain Mak Vera Zanobiah soal kabar ini. Sedih liat nih wawancara.
*wawancaranye kak Vannico sama mak Vera. Menggemparkan dan bikin duka.:(*
Innalillahi wa' innailaihi roji'un.
Selamat jalan Olga. Padahal baru aja entertainer Indonesia lain wafat, mulai om Rinto Harahap, opa Frans Tumbuan, dan om Yanni Libels. Lee Kuan Yew, mantan PM Singapura juga. :'(
Gak ada acara ultah barengan jarak jauh lewat tipi lagi. Mulai 2016. :'(
Makasih buat semua yang udah Olga kasih buat dunia hiburan Indonesia.
Makasih buat canda tawa, celotehan, kerja keras, ketabahan, semangat, sikap pantang nyerah, jiwa sosial, dan kedermawanannye bang Olga, terlepas apapun kontroversi yang pernah bang Olga bikin.
Semoga amal ibadah bang Olga diterima di sisi-Nya, diampuni dosanye, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.
Aamiin Yaa Rabb. :'(

#NOPE: Pas nih postingan dirilis, Olga baru aja dimakamkan jam 12.30 tadi. Udah disemayamin  dari pagi tadi. Prosesinye rame sama banyak pelayat termasuk artis lain! Pas gue liat di MNC TV tadi, Luna Maya dan Julia Perez sedih bingo ngeliat Olga dimakamin. Gue aja pengen nangis pas streaming prosesi jenazahnye dimasukin ke liang lahat. Ya Allah... terharu. Di Twitter, #RIPOlgaSyahputra masih trendtop, diikutin sama hashtag berbau kematian almarhum Olga. Gue aja live tweet terus :'( Sekali lagi, selamat jalan Olga... Nih die pidio pemakamannye:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
Flying Cute Pink Butterfly