Cerita Gelo Di Balik #JUNOPROJECT!



Hellow hulla huwala humba! *efek baca komik Si Juki untuk bersekian-sekian kalinye*

Sebenernya dah lama pengen ngeblog legess. Tapi entah kenape banyak banget yang namenye kesibukan! Palagi sekolah, maklumin aje kurtilas a.k.a. kurikulum 2013 nyang ternyate, masih aje dialamin sama gue. TAPII... aku rapopo.
Oiye, kebetulan beberapa waktu lalu gue ada proyek neeh. Pokoknye masih ada hubungannye sama soal news anchor! Hah? News anchor nyang mane lagi? Hehe, namenye juga pens berat news anchor!
Pokoknye gue kasih 6 clue tentang news anchor nyang dijadiin dasar adanya proyek ini:
1.       Ganteng
2.       Fasih nginggris
3.       Pembawaannya bagus bingo!
4.       Smart? Lumayan!
5.       Tenar banget lewat acara berita siang
6.       Kerja di TV milik pak Ha-Te a.k.a pak Hary Tanoe!
Hayoo, siapa doi? Hayoo, yang bisa jawab berdasarkan clue gituan bakal dapet hadiah 5 juta rupiah dari kantong masing-masing, hehe. :p
Hayoo siapa?
Nyerah?
Ya amplop, lo pade kagak tau? Doi itu tuuh, inisialnye Herjuno Syaputra #halahitubukaninisiallagi, tuuh buat ente-ente yang sering mantengin Buletin Indonesia Siang di Global TV pasti dah pada tau kan? Gue juga kan dah pernah jelasin di postingan sebelomnye, yang belom baca atau belom tau siapa kak Juno sebetulnye silakan baca, hehe.
Nahloh! Emang mau ngapain dengan bang Juno? Mau ketemuan? Jalan-jalan bareng? Makan bareng? Aaargghh itu sih masih ngarep atuh sampe sekarang! Nyang bener, gue mau bikin birthday project. HAH? BIRTHDAY PROJECT?
Nya eyalaah, gue mau bikin project berbau ulang tahun dengan sasaran sudah jelas-jelas abang ganteng bin kece gue nihh *homo lebaynesis dah gue*, kak Juno! Soalnye, tanggal 9 Maret kemaren, bang Juno dah ultah!
Lah, tau darimane bang Juno ultah tanggal segitu? Dari Twitter lah atuuh, soalnye berdasarkan pengalaman tahun kemaren, gue ngamatin banyak banget nyang ngucapin ultah buat bang Junjun tanggal 9 Maret, dan gue baru ngamatin tanggal 11 Maret 2014-nye. Alamak telat amat yaks! Yaudeh, saat itulah gue langsung ngucapin ultah buat bang Juno sambil minta maaf gegara telat ngucapin. Dan, gue pun dibales begono sama kak Juno: “thx u! really appreciate it!” Sontak aje gue seneng banget, biar telat ngucapin tapi... aaargghh speechless ngedadak gue!
Sejak saat itu, gue bertekad tahun depan mau ngasih something yang spesial buat kak Juno sebagai hadiah ultah, meski jarak jauh dengan cara ngasih poto atau kagak video. Video?
Tiba-tiba beberapa bulan kemudian, sekitar Juni-Juli geto, gue lagi nyurfing di YouTube, soalnye jiwa iseng gue kembali datang neeh, hehe. Gue pun ngiseng nyari video kak Reni Risty yang Trans TV tuuh, yang host Ikon Kuliner Nusantara tiap Minggu siang jam setengah 3! Awalnye sih niatan nyari pidio kak Reni waktu bareng kak Vean Arvian dikepoin sama Raffi Ahmad dkk di YKS dulu. Ehh, ternyate malah nemu pidio ini:
 
*ciee kak reni yang dikasih pidio*

HUWELAHDALAH! *dubberredaksianatrans7bilangbegono*
Kreatif amat nih Reniaddict! Mereka bikin pidio nyang berisi slideshow poto-poto kak Reni nyang ultah 2 hari sebelom kak Juno ini (baca: 7 Maret)! Tentu aje poto nyang dipake poto-poto kak Reni abis make hijab! Tuh pidio dibikin tahun 2014 juga sih. Baru beberapa bulan kalo diitung waktunye dari waktu gue nemu tuh pidio. Tiba-tiba aje gue kepikiran bikin pidio ultah buat news anchor favorit gue lain kali. Donlot poto, bikin slideshow pake Movie Maker atau apa kek, pake backsound lagu berbau ultah, edit, udah tinggal aplot ke Yutub! Dijamin seru bin kreatif tuhh!
Tiba-tiba pula gue keinget tekad gue pas beberapa hari abis ultah kak Juno waktu itu, kalo gue bertekad bakal ngasih sesuatu nyang spesial buat kak Juno pas doi ultah tahun depan, meski lewat jarak jauh, tapi kan masih bisa make kecanggihan teknologi jaman sekarang, baik poto atau video. Kenape gue kagak bikin pidio slideshow buat kak Juno aje? Ngepulin foto kak Juno dari Twitter (karena kak Juno baru punya Instagram beberapa bulan kemudian), terus diedit-edit, terus diaplot deh ke Yutub! Terus, linknye dimensyen ke kak Juno, biar kak Juno ikutan nonton! Waduuhh...
Waktu berlalu cepet amat. 2015 udah tiba. Kak Juno dah punya Instagram dari bulan-bulan akhir 2014 kemaren. Lalu, bulan Januari dah lewat, dan bulannye gue niih, Februari, dah mau kelar! Gue pun mulai berpikir buat langsung ngewujudin obsesi gue! Bikin video birthday project buat bang Junjun! Gue pun mulai mikir pertama, backsound paan sih nyang gue mau pake buat tuh video? Tiba-tiba gue kepikiran buat manfaatin posisi gue sebagai fans JKT48. Maksudnye?
Kan gue punya banyak lagu jekeiti kan di laptop #namenyejugafans, terus gue pun akhirnye spontan mutusin make lagu JKT48 nyang berbau ultah buat backsound projectnye bang Juno ini, meski gue sendiri kagak tau kak Juno itu fans JKT48 atau bukan! *setau gue, bang Juno penyuka lagu barat! Buktinye pernah twitpic terus ngetwit Daylight-nye Maroon 5, band favorit gue, terus mana pernah ngaplot poto di Insta terus nulis lagu Ed Sheeran pula!* Tentu aje lagu itu adalah...

*waktu ultah tipinye bang Jun merangkap tipi yang pertama kali nampilin jekeiti*

Yaks! Namida Surprise! Nih lagu termasuk dalam album Heavy Rotation. Gue udah penasaran sama nih lagu pas ultah RCTI ke-25 di GBK Agustus tahun kemaren. Mana para member sampe bikin formasi bikin susunan huruf RCTI pula pas nyanyik tuh lagu! Aduuh, tiap kali gue denger tuh lagu, gue dejavu mulu sama tuh momen! Yaudah gue donlot tuh lagu beberapa minggu abis acara ultah RCTI ituh.
Singkat cerita, Namida Surprise akhirnye gue jadiin backsound projectnye bang Juno! Bener-bener ngidol!
Terus, gue cek keberadaan sejumlah poto kak Juno nyang gue ngepulin dari Twitter dan Insta, termasuk ava baru Twitter bang Juno yang make sejenis jaket atau apa gitu nyang tulisannye TOKYO #hobijejepangankayanyebangjun kaya gini!
GANTENGNYA!

Dan, gue berkesimpulan kalo poto kak Juno masih kurang setelah gue cek ke folder sana-sini. Aduuh, fans macem apa aku ini! Katanye ngefans, tapi kekurangan foto kak Juno! So, gue mulai ngerencanain aksi ini: donlot foto bang Juno secara besar-besaran dari Twitter dan Instagram bang Juno dan nyang lainnye *tapi tetep ada bang Junonye!* dengan cara capcus ke warnet sepulang sekolah selama beberapa hari! Gue sampe jadwalin segala di kalender HP! Dari tanggal 23 Februari sampe 9 Maret merupakan tanggal proses pembuatan video projectnye. Dan, awalnye gue bikin hashtag #JunosBirthdayProject, tapi gue ganti dengan #JUNOPROJECT alias #JPROJECT! Hashtag #JUNOPROJECT baru gue koar-koarin di socmed pas tanggal 9 dan sehabisnye, sedangkan sebelom tanggal 9 bahkan sesudahnye gue pake #JPROJECT buat koar-koar di socmed! Juno-nye diinisialin dulu, biar kagak ada yang tau, surprise bin rahasia sihh, hehe. :D
Okey. Pendonlotan poto-potonye bang Juno selama beberapa hari berlangsung sukses. Selain dari socmednya bang Juno (Twitter dan Instagram, banyakan juga Twitter), gue juga ngambil poto-poto kak Juno dari socmed orang-orang nyang jadi temennye kak Juno (misalnye punya kak Chyntia Rompas atau kak Isabella Fawzi), siapapun nyang pernah ketemuan/fotbar sama kak Juno dalam suatu acara, socmed divisi newsnye Global TV sama acara Good Morning Indonesia di MNC News nyang juga dipandu kak Juno, atau dari pensnye bang Juno (kalo ini dikit mah atuh). Jadi, gue mohon maaf bingo nyang sebesar-besarnye karena udah ngambil poto-poto berbau kak Juno. Sekali lagi, mohon maaf...
Poto-poto yang gue donlot mayoritas berisi wajah gantengnye kak Juno! *yaiyalah*
Maksudnye, poto-poto yang gue donlot mayoritas berasal dari Twitter. Tapi ada juga kok yang dari Insta. Sebagian poto yang ada di Insta itu latepost, tapi itu juga karena belum sempet kedonlot atau potonye diambil sebelum kak Juno main Insta. Kak Juno juga baru beberapa bulan maen Insta kok. Tapi gapapa kok. Potonye beragam, dari jaman kak Juno masih siaran bareng kak Isabella Fawzi di Kilas Indonesia Pagi (sekarang dah ganti nama jadi Good Morning Indonesia) di MNC News (bahkan sampe ada foto kak Juno dan kak Bella yang diambil waktu kak Juno masih bersiaran dengan nama Diky Herjuno! Jadul amat ye), poto jaman di PGA 2013 kemaren waktu doi megang-megang piala PGA Awards secara iseng seolah-olah BIS yang menang (padahal kalo tuh piala bukan punya Seputar Indonesia, paling punya koko Michael Tjandra nyang sama-sama menang waktu itu, hehe ampunn kak junn), poto waktu masih ada segmen VIP di Buletin Indonesia Siang (dari paranormal sampe pemaen Twilight diwawancarain pemirsa!), poto siaran di Global TV atau MNC News, poto waktu di berbagai acara off-air, poto waktu liburan, jalan-jalan, atau tugas luar di berbagai daerah di Indonesia (kayak HPN 2015 di Batam kemaren!), dan banyak bingo!  Hehe!
Tanggal 3 Maret 2015 menjadi hari terakhir gue donlot-donlotan foto kak Juno buat properti video. Tapi ga tau yaa kalo abis proyek video gue masih donlot potonye kak Juno, buat koleksi pribadi hehe :p.  Gue rasa foto-foto sebanyak 75 biji (dah termasuk yang nantinye mau dijadiin opening dan closing yang berisi harapan ultah bang Juno, belom termasuk credit title) dah cukup. Malemnye, gue buka laptop, dan gue cari poto mane nyang pantes dijadiin foto opening dan closing. Dann, ini die foto-foto yang gue jadiin opening dan closing video nih news anchor fans Chelsea!
Poto opening, tepatnye pas ultah kak Juno tahun lalu! #sesuaitema Simple banget perayaannye, kata kak Juno dari dulu ultahnye dirayain sederhana begono!
Bang Njun nungguin sape, ntuh?
Poto closing pas HPN 2015 kemaren di Batam! Jadi pengen ke Batam, tepatnye ke danau ini juga nyusul bang Juno! #sayangaajunoudahbalikkejakarta #kalogitukejakartaajadeh
Yaudah, gue pun nekat ngedit poto pake PhotoScape! Pertama sih gue ngeditnye yang opening dulu. Gue tambah-tambahin tulisan judul plus judul dan penyanyi backsound yang lo udah baca tadi. Dann, hasilnye adalah:
*foto opening video birthday kak Juno*
Tadaa! Inilah editan absurd gue! Haha!
Gue baru ngedit closingnye 2 hari kemudian. Dann, gue sempet pusing pala batman pala batman ow ow ow #KarenaBarbieDahBiasa nentuin hopes buat ultah kak Juno. Kan namanye juga doa... Akhirnya gue sepakat buat ngetik hopes seperti ini:
Aamiin deh! Semoga semuanye terkabul! Aamiin!
Gue pun sepakat buat nentuin jadwal pembuatan slideshownye. Tanggal 7. Hari Sabtu. Tapi, sehari sebelumnye, gue pun akhirnye berhasil dapet background buat bagian credit titlenye. Dari mane?
Kan gue sehari sebelum bikin slideshownye lagi asyik main-main di blognye kak Marissa Anita di www.marissaanita.com. Nahh, tiba-tiba gue kagak sengaja kepikiran, kenape background blog kak Marissa gue kagak pake buat background credit title? Itu die yang gue pikirin, dan gue langsung ambil tuh poto background. Hehe, maaf mbak Marissa sebelumnye karena ngambil background blognye mbak. Nih die hasil editannye:
Credit title! Bukan credit bon yee! Sekalian promosi colongan #AnchorMeme, #CrazyMeme, sama #NgidolMeme! Hehe :p
Dan, hari yang ditunggu-tunggu pun tiba! Tanggal 7 gue bergegas ke warnet kelar pulang sekolah, dan gue pun langsung buka Movie Maker (soalnye di laptop kagak ada movie maker atau sejenisnye, maklum windows 7, di warnet XP semua jadi ada movie maker bawaan OS-nye) buat mindahin sejumlah data yang dibutuhin (foto-foto kak Juno, foto opening, closing, dan credit, plus lagu jekeiti fourtyeightnye) lalu diedit! Gue pun nambah-nambahin sendiri transition effectnye. Tentunye yang agak kagak terlalu norak sih, hehe.
Dan, gue langsung ngeproses tuh video project sampe jadi sebuah video! Cuma belasan menit doang gue bikin nih video di Movie Maker. So, gue pun lalu nyimpen ke flashdisk buat diaplot tepat pas ultah kak Juno 2 hari kemudian.
Nahh, sebelum diaplot, gue sempet nonton videonye di rumah. Alhamdulillah, setelah gue cek videonye, ternyata kagak ada hal-hal yang gimane gitu! 99% baguss!
So, abis pulang sekolah tanggal 9, gue langsung ngacir ke warnet mumpung kagak ada jadwal ekskul. Yaudah gue pun mutusin buat aplot video kak Juno, dan itu agak lama. Hampir sejam gitu. Dan, setelah gue kasih judul  “#JUNOPROJECT #JPROJECT! Happy Birthday Herjuno Syaputra! (A Greeting Slideshow Video Project)”, ngetik deskripsi video kayak gini:
“Hellow! HBD banget buat bang Herjuno Syaputra, news anchor Global TV dan MNC News nyang tenar banget lewat program Buletin Indonesia Siang Global TV dan ultah 9 Maret ini!
Semoga panjang umur, murah rezeki, sehat selalu, karir lancar, makin kece bin smart baca beritanye, dan enteng jodoh! Aamiin!
Maaf banget kalo misalnya slideshownya nyeleneh, aneh, absurd, bahkan a-ca-ka-dul, soalnye proses bikin slideshow videonya rada ngaco, hehe gak papa, kan?
Thanks to watch and subscribe me, yaks! And, follow me on @justvanda_08!

Backsound: Namida Surprise by JKT48 (maklum fans jekeiti juga)
Source Photo: Twitter & Instagram (terutama punyanye bang Juno, maaf ya kalo fotonye banyak dibajak)
Source Photo di Credits: www.marissaanita.com (maaf mbak Marissa sebelumnya, hehe)
Editan Opening dan Ending Photo (termasuk credits): PhotoScape
Aplikasi Video: Windows Media Player (punya warnet!)”
Dan, setelah video sukses keaplot, gue pun langsung ngeliat videonye. Jadi viewers pertama di pidio sendiri, hehe. Langsung gue sebar ke Twitter dan mensyen beberapa temen yang juga fansnye kak Juno termasuk YBS! Yang bersangkutan! Kak Juno sendiri!
WALHASIL...
Ada yang seneng atas hasil kerjaan gue kali ini. Siapa yaa?
Kak Juno! Ya! Doi ngucapin terimakasih karena udah dibikinin nih proyek! Doi seneng banget! So, kalo kak Juno seneng, gue juga seneng! Bisa ngasih sesuatu yang spesial buat salah satu news anchor favorit! Kagak cuma itu, beberapa temen sesama fans kak Juno juga seneng banget dengan hasil kerjaan gue!
Awww seneng banget! Gue kagak peduli berapa viewers tuh video, yang penting gue bikin, aplot, kadoin lewat socmed, udah! Hal ini bikin gue happy! Proud! :)
So? Akankah gue nyebarin nih video lewat nih blog?
Yaks! Gue bakal nyebarinnye! Mau liat pidionye? Tadaaaa!
Inilah hasil perjuangan selama beberapa minggu!
Yay! Makasih buat Allah SWT. dan semuanye yang udah bantu gue dalam awal sampe akhir proses bikin-bikin videonye! Dan, tunggu gue ya dalam project video serupa, dengan news anchor berbeda! Kali ini gue bikin buat news anchor beda TV, inisialnye T, tapi biasa dipanggil F yang mau ultah akhir Maret ini! Semangkaa! Dan, kagak menutup kemungkinan buat bikin video juga buat anchor-anchor lain, tapi kagak mesti pidio ultah, bisa jadi bentuk rasa suka sama seorang news anchor gitu!
SEKELEBAT INFO:
1. Ultah kak Juno ternyate satu hari sama anchor SCTV nyang dulu jadi reporter Metro TV, kak Prisca Niken! Gue tauk ini dari akun temen karib setiap siaran di Liputan 6 Pagi yang juga anchor favorit gue, kak David Rizal! Aaahh, HBD kak Niken! WYATB and stay happy! Aamiin! :) Pas ultahnye aje doi masih aje siaran, apalagi episode Liputan 6 Paginye aje ngadain talkshow sama live music kayak Sapa Indonesia apa IMS gitu, dalam rangka ngerayain Hari Musik Nasional dan ngundang salah satu penyanyi favorit gue niih, Kunto Aji! #sudahterlalulamasendiri
2. Sama kayak kak Niken, kak Juno masih sempet siaran aje niih pas hari ultahnye. Di Global TV? Waduuh gue kagak tau, soalnye jam 1-2 siang gue masih sekolah neeh! Kalo di MNC News? Iya! Doi tetep aja siaran di hari ultahnye, di Good Morning Indonesia bareng kak Gati Kamka, dan ngundang Miss Indonesia 2015, kak Maria Harfanti! Kagak percaya? Monggo cek instanye kak Juno atau neng Marianye, ada potonye :)
3. Nahh, ternyate Good Morning Indonesianye kak Juno sama kak Gati tadi ada hubungannye sama sesuatu niih. Apaan tuh? MNC News juga ultahnye sama kayak kak Juno yang notabene salah satu anchornye pemirsah! Sama-sama tanggal 9 Maret! MNC News nyang ultah ke-9 (bahh! 9 semua!) ini ngasih suguhan acara-acara spesial, salah satunye nyang tadi gue sebutin! Good Morning Indonesia dengan host kak Gati dan host cowok terkece dan terganteng se-MNC News dan se-Global TV rayaa #walah, kak Juno, plus bintang tamu Miss Indonesia! Udah, ga usah dibahas panjang lebar lagi, pokoknye happy birthday yee buat MNC News *ikut seneng walau ga ada MNC News di rumah*, semoga makin informatif, mencerdaskan, dan apdet deh! Aamiin!
4. Bertepatan dengan itu semua, gue juga niatan ngucapin met Hari Musik Nasional kayak yang udah gue bahas di poin 1 tadi. Semoga musik Indonesia makin jaya, makin berkualitas, makin kece, dapat dikenal masyarakat dunia, dan kagak alay! Aamiin! :)
Sekian dulu yee!

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
Flying Cute Pink Butterfly