Contoh Teks Prosedur Kompleks Bahasa Indonesia

Monyong haseooo‼ *Eh, itu Annyeong!*  Hehe, kali ini setelah gue ngepost tentang lirik lagu Mine-nya Petra Sihombing yang sempat gue lupa tulis di postingan sebelumnya, serta postingan tentang Olga Syahputra, eeeh Herjuno Syaputra, sekarang terumbu karang, gue mau ngeposting sinting miring casting #Jlak! tentang contoh teks prosedural kompleks perumahan, eeeh gak pake perumahan, kok! Menurut buku Tatang Sutarma, eeeh buku Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik *ekspresi diri?? Narsis dong! Hehe, gak geto-geto juga kalee* buat kelas X yang sesuai kurikulum 2013 neeh #KorbanKurikulum2013, teks prosedur dapet dibilang kompleks gara-gara langkah-langkah yang ada cuma bisa dilakukan denan memenuhi berbagai syarat. Langkah yang satu nentuin langkah-langkah berikutnya. Kalo syarat pada salah satu langkah kaki, eeeh gak pake kaki ya! kagak terpenuhi, langkah selanjutnya kagak bisa dilakukan. Ooooh, tidak bisa! #SuleSays Naah, berikut ini salah satu teks prosedur kompleks perumahan *Plak!* yang sebenernya ini mantan tugas sekolah gue sih, dan gue bakal bagiin buat lo semua yang butuh banget. Okey, let’s go to the text!
Cara Membuat E-mail Menggunakan Yahoo!
                Pada saat ini, e-mail merupakan salah satu alat komunikasi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, selain telepon, SMS, dan jejaring sosial. Mungkin ada sebagian yang sudah tahu cara menggunakan e-mail, bahkan mempunyai beberapa alamat e-mail sekaligus. Namun, bila Anda belum tahu cara menggunakan e-mail, jangan khawatir karena kali ini akan dijelaskan tentang cara membuat e-mail yang bisa memudahkan komunikasi yang biasanya menggunakan e-mail. Kali ini, pembuatan e-mail menggunakan situs id.yahoo.com.
                Agar dapat menggunakan layanan e-mail di yahoo.com, terlebih dahulu Anda harus browsing ke id.yahoo.com. Berikut ini cara-caranya.
1.       Nyalakan komputer dan pastikan komputer telah tersambung dengan internet.
2.       Gunakan web browser yang Anda miliki untuk mencari situs id.yahoo.com supaya tampilan muncul dalam bahasa Indonesia.
3.       Jika telah menemukan situs id.yahoo.com, kamu akan melihat tampilan awal Yahoo! dengan berbagai informasi, seperti berita dan link-link ke situs-situs milik Yahoo!.
Pada saat ini Anda belum dapat menggunakan layanan e-mail dengan webmail Yahoo!. Hal itu dikarenakan Anda belum mempunyai alamat e-mail. Oleh karena itu, Anda harus membuat akun (account) agar memperoleh alamat e-mail. Adapun langkah awal yang harus kamu lakukan yaitu masuk pada layanan mail (surat) pada situs yahoo.com.
Setelah tampilan yang dimaksud muncul, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat alamat e-mail.
1.       Klik link Buat Account Baru sehingga muncul tampilan isian data-data yang harus diperlukan untuk membuat e-mail. Pada halaman ini ada tiga bagian utama yang harus diisi, yaitu data probadi, nama user (user ID), dan kata kunci (password).
2.       Isilah data pribadi Anda berupa nama, jenis kelamin, tanggal lahir, dan negara tempat tinggal.
3.       Isikan data identitas alamat e-mail dan password (sandi) yang akan Anda gunakan. Ketika membuat nama pengguna (user ID), sebaiknya membuat nama pengguna yang mudah diingat. Sedapat mungkin berhubungan dengan nama Anda. Agar mudah diingat, Anda sebaiknya menghindari penggunaan banyak kombinasi abjad, angka, garis bawah, dan tanda titik.
4.       Pilih dua pertanyaan yang akan dikeluarkan seandainya suatu ketika Anda lupa terhadap password (sandi). Pertanyaan tersebut akan berfungsi sebagai pengganti password. Oleh karenanya, jawaban sebaiknya berupa kata pendek yang Anda sendiri tidak akan lupa untuk mengingatnya.
5.       Isikan kode sesuai dengan yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Hal ini untuk memastikan bahwa yang membuat e-mail adalah manusia dan bukan robot.
6.       Klik tombol Buat Account Saya. Langkah ini memunculkan tampilan berupa rincian data akun e-mail, berupa ID Yahoo! & e-mail, tanggal lahir, serta dua pertanyaan rahasia beserta jawabannya.
7.       Klik tombol Lanjutkan. Langkah ini akan memunculkan kotak dialog Security Alert.
8.       Klik tombol Yes. Anda akan menjumpai tampilan ucapan selamat datang di halaman utama.
9.       Klik tombol Mail untuk membuka kotak surat yang terdapat dalam e-mail anda. Maka, alamat e-mail Anda siap digunakan.

Source: Sujatmiko, Eko dkk. 2012. PR Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas IX. Klaten: Intan Pariwara.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
Flying Cute Pink Butterfly